Arti Ungkapan Can’t Help Dalam Bahasa Inggris


Dalam percakapan Bahasa Inggris, kita mengenal frasaCan’t Help”. Salah satu contoh penggunaan ungkapan ini yang terkenal secara global adalah pada judul dan lirik lagu Elvis PresleyCan’t Help Falling in Love. Saya yakin sobat semua sudah sangat familiar ya dengan lagu yang satu ini. Namun apakah sobat semua sudah tau apa arti ungkapan Can’t help dalam Bahasa Inggris? Jika sobat sudah tau, tentunya sobat bisa menerjemahkan judul lagu di atas ke dalam Bahasa Indonesia ya.

Melalui penjelasan singkat di bawah ini, saya ingin mencoba membahas tentang arti dari penggunaan expressionCan’t help” dalam sebuah kalimat. Kemudian nanti setelah kita sama-sama memahami pengertiannya, kita akan mencoba menggunakan frasa ini ke dalam beberapa contoh kalimat yang baru. Sudah siap mempelajari arti ungkapan Can’t help dalam Bahasa Inggris? Yuk langsung kita simak penjelasannya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

The Meaning of Can't Help

Arti Ungkapan Can’t Help Dalam Bahasa Inggris

Arti Can’t Help

Can’t help artinya “tak mampu mengontrol” atau “tak mampu menghentikan sesuatu” atau lengkapnya “tak mampu menghentikan diri dari melakukan sesuatu”. Penggunaan frasa ini dalam kalimat memberikan kesan bahwa ada suatu hal yang “seharusnyatidak dilakukan namun tetap saja dilakukan karena kita tak bisa menahan diri. Dengan begini, jika kita kaitkan dengan contoh penggunaan frasa “Can’t help” pada judul lagu Elvis Presley tadi, maka mungkin judul tersebut bisa kita artikan “Tak bisa menahan diri dari jatuh cinta padamu”.

Related: Mengenal Operasi Dan Istilah Matematika Dalam Bahasa Inggris

Ungkapan “Can’t help” ini ternyata sering digunakan oleh native speaker untuk mengungkapkan bahwa mereka menghadapi kondisi di mana mereka memiliki kebiasaan tertentu dan meski mereka ingin berhenti dari kebiasaan itu, namun itu tidak mudah bagi mereka. Misalnya saja seperti kebiasaan menggigit kuku jari tangan, menggaruk-garuk kepala, mengucek mata terlalu sering, atau bahkan kebiasaan membayangkan seseorang.

Jika sobat perhatikan dari bentuk dan terjemahan nya, tentu sobat menyadari bahwa expressionCan’t help” ini juga merupakaan salah satu idiomatic expression in English. Oleh sebab itulah, kita tidak bisa hanya mengandalkan kamus atau transtool untuk bisa memahami makna yang terkandung di dalamnya. Sekarang, setelah sobat memahami pengertiannya, sudah saatnya sobat memperhatikan beberapa contoh penggunaan ungkapan Can’t help dalam kalimat di bawah ini. Oh ya sedikit tambahan, jika frasa ini diubah ke dalam bentuk Past, maka ia akan menjadi “couldn’t help”.

Contoh Penggunaan Can’t Help Dalam Kalimat

I know that I shouldn’t eat spicy foods, but I just can’t help myself.

(Saya tau saya tidak boleh makan makanan pedas, tapi saya benar-benar tak dapat menahan diri.)

I can’t help but notice that you’ve got some pimple on your face.

(Saya perhatikan ada beberapa jerawat di wajah anda.) (sesuatu yang nampak jelas dan siapapun pasti melihat)

I’m sorry. I know I shouldn’t laugh at you, but I can’t help it.

(Maafkan aku. Aku tau aku tak seharusnya menertawakanmu, tapi aku tak bisa menahannya.)

Barnie and Axel just couldn’t help themselves to swim when they saw the swimming pool in your house.

(Barnie dan Axel tak bisa menahan diri untuk berenang saat mereka melihat kolam renang di rumahmu.)

I know that it was not mine, but I couldn’t help myself to eat it.

(Saya tau itu bukan milik saya, namun saya tak bisa menahan diri untuk memakannya.)

Oke deh sobat, itulah sedikit informasi yang bisa saya sajikan tentang arti ungkapan Can’t help dalam Bahasa Inggris. Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, saya harap kamu mendapat pengetahuan baru yang bermanfaat bagi hidupmu. Sampai jumpa lagi. Selanjutnya silahkan baca Arti Ungkapan Can’t Stand Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat “can’t help” (Phrase) dan Artinya – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-cant-help-artinya – Diakses tanggal 13 Mei 2019
  2. What does “I can’t help it” or “I can’t help doing it” mean? – http://learnersdictionary.com/qa/What-does-I-can-t-help-it-mean- – Diakses tanggal 13 Mei 2019
  3. Can’t Help – https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/can-t-help – Diakses tanggal 13 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *