Arti Ungkapan Can I help you Dalam Bahasa Inggris


Sobat, taukah kamu apa arti ungkapan “Can I help you?” dalam Bahasa Inggris? Jika ditanya seperti ini, mungkin jawabanmu adalah “ada yang bisa saya bantu?”. Jawaban ini benar sobat, dan saya yakin selama ini sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah familiar dengan penggunaan ungkapan ini. Bahkan bisa jadi, di beberapa pusat perbelanjaan di kota besar, conversational phrase seperti “Can I help you?” ini, sudah menjadi standar sapaan antara penjaga toko terhadap pengunjung atau pelanggan yang datang ke toko mereka.

Meski kalimat “Can I help you?” ini sudah sangat lumrah di telinga kita, tapi saya rasa masih banyak yang belum tau bahwa dalam kondisi tertentu kalimat ini bisa mengandung makna yang berbeda. Jika selama ini kita mengenal kalimat “Can I help you?” sebagai salah satu expressions dalam materi offering help, maka sebenarnya kita baru mengetahui sebagian fungsinya. Karena ternyata kalimat ini tidak selalu mengindikasikan respon yang positive, namun juga bisa menunjukkan respon yang negative. Ingin tau lebih jauh tentang arti ungkapan “Can I help you?” dalam Bahasa Inggris? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Can I Help You

Arti Ungkapan Can I help you Dalam Bahasa Inggris

Arti Can I help you?

Kalimat “Can I help you?” meski berbentuk kalimat tanya, namun sebenarnya berfungsi sebagai sarana bagi kita untuk menawarkan bantuan pada orang lain (offering help). Kalimat ini, jika kita bawa pada konteks percakapan antara pemilik atau penjaga toko terhadap customer yang datang ke toko nya, berfungsi sebagai sebuah sapaan (greetings). Jika selama ini kamu sering mendengar kalimat seperti “Cari apa kak?” atau “silahkan, Tanya aja kak” saat kamu berada di mall atau tempat penjualan handphone, di luar negeri kalimat “Can I help you?” inilah yang menggantikan kalimat-kalimat sapaan itu.

Related: Arti Ungkapan Blow Somebody’s Mind Dalam Bahasa Inggris

Jika kita terjemahkan secara literal, kalimat “Can I help you?” artinya “Bisakah saya membantu anda?”. Tapi pada umumnya dalam Bahasa Indonesia, ungkapan yang dianggap setara dan natural adalah “ada yang bisa saya bantu?”.

Kalimat “Can I help you?” ternyata tidak selalu bermakna positive. Dalam situasi tertentu, kalimat ini juga bisa digunakan untuk mengekspresikan rasa curiga yang ada dalam hati kita terhadap seseorang yang menurut kita tidak seharusnya berada di suatu lokasi tertentu. Misalnya saja kita memiliki sebuah toko, di toko ini mungkin kita memiliki ruangan khusus yang berlabel “Staff Only” yang artinya tidak sembarang orang boleh masuk ke sana. Suatu ketika ada seseorang yang tidak kita kenal masuk ke ruangan tersebut dan terlihat melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi. Saat kita memergoki orang tersebut, kita bisa saja menegurnya dengan mengatakan “Can I help you?” yang kira-kira jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “Siapa lo?” atau “Ngapain lo di sini?”, atau bahkan kalimat ini juga bisa bermakna “kok lo bisa masuk sini, keluar lo!”.

Karena kalimat “Can I help you?” ini berbentuk kalimat Tanya dan ia juga termasuk kedalam expressions in offering help, maka kita tentu perlu tau seperti apa respon yang mungkin kita berikan terhadap pertanyaan ini. Dalam memberikan respon terhadap pertanyaan “Can I help you?” kita bisa langsung mengutarakan hal yang sedang kita cari atau perlukan, atau kita juga bisa menolak tawaran bantuan tersebut dengan mengatakan “No, Thank you”. Perhatikan contoh berikut ini:

Contoh Penggunaan Ungkapan Can I Help you?

Situation 1: Shopkeeer and Customer

Shopkeeper: Can I help you, Sir?

Customer: Yes, I’m looking for a razor blade.

Shopkeeper: Oh, it’s in the aisle three on the top shelf.

Customer: Thank you.

Shopkeeper: my pleasure, Sir.

Situation 2: Room boy and Woman with luggage

Room boy: Can I help you, Mam? (Help bringing the luggage)

Woman: Oh, Yes, Please. Thank you.

Room boy: You’re welcome, Mam.

Itulah tadi sobat penjelasan singkat tentang arti ungkapan “Can I help you?” dalam Bahasa Inggris. Saya harap informasi yang ada dalam artikel kali ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Silahkan share artikel ini di sosmed milikmu agar lebih banyak orang yang mengetahui tentang penggunaan “Can I help you?” yang tepat. Terimakasih banyak atas waktu yang kamu luangkan kali ini, silahkan pelajari juga Arti Ungkapan Can’t Help Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. English Phrase: Can I help you? – https://www.phrasemix.com/phrases/can-i-help-you – Diakses tanggal 14 Mei 2019
  2. Can I help you? – https://www.englishclub.com/ref/esl/Conversational_Phrases/C/can_I_help_you__4057.php – Diakses tanggal 14 Mei 2019
  3. Can I help you? – https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Can%20I%20help%20you%3F – Diakses tanggal 14 Mei 2019
  4. Pengertian dan Contoh Kalimat “Can I help you?” – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-can-i-help-you – Diakses tanggal 14 Mei 2019
  5. Can I help you? – https://idioms.thefreedictionary.com/Can+I+help+you%3F – Diakses tanggal 14 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *