Arti Kata Even Dan Contoh Penggunaannya Sebagai Adverb


Sobat, seringkali kita mendengar penggunaan kata “Even” di dalam sebuah kalimat. Bagi yang sudah sering menggunakan kata ini dalam percakapan pasti sudah tau apa makna dari penambahan kata “Even” ini kedalam kalimat yang kita ucapkan, namun bagi yang baru saja mengenal penggunaannya mungkin akan kaget dengan terjemahan yang kita temukan dalam kamus.

Jika kita lihat di dalam kamus, kata “Even” ternyata bisa berfungsi sebagai adverb (kata keterangan) dan bisa juga berfungsi sebagai adjective (kata sifat). Nah, karena yang akan kita bahas kali ini adalah penggunaan kata “Even” sebagai adverb dalam kalimat, maka jangan kaget jika terjemahan contoh kalimat yang sobat temukan dalam artikel ini berbeda dengan arti kata “Even” sebagai adjective yang kamu temukan di kamus. Sekarang, yuk langsung saja kita lihat penjelasan lengkap tentang arti kata “Even” saat digunakan sebagai sebuah adverb dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Arti Kata Even Dan Contoh Penggunaannya Sebagai Adverb

Arti Kata Even Sebagai Adverb Dalam Kalimat

Arti Kata “Even” Sebagai Adverb

Sobat, pernahkah kamu menjumpai penggunaan kata “Even” seperti dalam contoh kalimat berikut ini:

Related: Pengertian Dan Penggunaan Hasta Dalam Bahasa Inggris

He didn’t even remember my name.

(Dia bahkan tidak mengingat namaku.)

Coba sekarang bandingkan dengan kalimat berikut ini:

He didn’t remember my name.

(Dia tidak mengingat namaku.)

Menurutmu apa perbedaan antara kedua kalimat tersebut? Ya, benar sekali. Perbedaan antara kedua contoh kalimat di atas terletak pada penekanannya. Kalimat dengan adverb berupa kata “Even” di dalamnya ternyata menimbulkan penekanan yang berbeda dibandingkan dengan kalimat yang tidak menggunakan adverb ini.

Penggunaan kata “Even” sebagai adverb dalam kalimat ternyata mampu memberi kesan bahwa sesuatu itu mengejutkan, tidak biasa, tidak diduga duga atau bahkan sesuatu hal yang ekstrim. Kata “Even” sebagai adverb bisa diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sebagai “bahkan”. Perhatikan contoh berikut ini:

Everyone loves fidget spinner. Even my headmaster has one of it.

(Setiap orang menyukai fidget spinner. Bahkan kepala sekolah saya punya sebuah.)

Dalam contoh kalimat di atas, penggunaan kata “Even” bertujuan untuk menunjukkan penekanan pada suatu hal yang bagi pembicara merupakan hal yang mengejutkan atau tak terduga.

They didn’t even have spare clothes to use.

Dalam contoh kalimat di atas, penggunaan kata “Even” bertujuan untuk menunjukkan penekanan pada suatu hal yang bagi si pembicara merupakan hal yang ekstrim.

Bagitulah kira kira penjelasan singkatnya tentang pengertian dan penggunaan kata “Even” sebagai adverb dalam kalimat sobat. Bagaimana, apa sudah bisa dipahami sampai disini? Kami harap begitu ya. Nah sekarang, kami akan menampilkan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “Even” sebagai adverb di dalamnya, silahkan disimak.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata “Even” Sebagai Adverb

He will not survive in the wilderness. He can’t even start a fire.

The new coffee shop in my neighborhood is amazing. There is even a flying robot delivering the order.

He couldn’t solve even the simplest math problem.

He lost his memory after the accident. He didn’t even remember his address.

Oke deh sobat, itu saja mungkin yang bisa kami sampaikan seputar pengertian dan penggunaan kata “Even” sebagai adverb dalam kalimat, kami harap penjelasan yang kami sajikan dalam artikel ini bisa dimengerti dengan mudah dan bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Luangkan waktumu sebentar untuk membaca artikel terbaru kami yang berjudul Everyday atau Every Day Yang Tepat Digunakan Dalam Tulisan. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Even (Adverb) – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-even-adverb – Diakses tanggal 19 Juli 2017
  2. Pelajaran Bahasa Inggris: Kapan Kita Menggunakan Kata “Even”? – http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2016-04-18/pelajaran-bahasa-inggris-kapan-kita-menggunakan-kata-even/1570872 – Diakses tanggal 19 Juli 2017
  3. Contoh dan Arti Even, Even Though, Even When, Even If, Even So – http://www.fabelia.com/contoh-dan-arti-even/ – Diakses tanggal 19 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *