Arti Kata Enough Dan Berbagai Macam Pola Penggunaannya


Sobat, memahami pengertian “Enough” ternyata tidak semudah yang kita duga. Meski kita bisa menerjemahkannya dengan menggunakan kamus kedalam Bahasa Indonesia, namun saat sudah digunakan dalam kalimat, frasa ataupun expression, kadang kita kebingungan apa maknanya. Misalnya saja expression “enough is enough” yang mungkin pernah beberapa kali kita dengar penggunaannya di TV adau dalam percakapan langsung, bisakah kita mengartikannya menggunakan kamus? Karena jika kita cek, arti kata enough adalah “cukup” tapi apakah ucapan “enough is enough” berarti “cukup itu cukup”, apa maksudnya? Nah, untuk memahami hal hal seperti ini, ternyata tidak cukup dengan hanya menerjemahkan kata katanya saja, namun kita juga perlu tau, kapan dan dalam situasi seperti apa ungkapan tersebut digunakan.

Selain memahami artinya, kita juga perlu memperhatikan cara penggunaan kata Enough ini dalam kalimat, karena ternyata ada beberapa pola yang bisa kita gunakan misalnya saja pola adjective + enough, atau adverb + enough, serta kata enough yang digunakan bersama dengan noun atau tanpa noun. Jika kita tidak mempelajari cara penggunaan kata enough dengan berbagai pola nya ini, maka mungkin kita akan melakukan kesalahan nantinya. Contohnya saja, bisakah kamu sekarang menentukan manakah diantara dua kalimat berikut ini yang merupakan contoh penggunaan kata “Enough” yang tepat:

“This room isn’t enough big for all of us.”

Related: Beda Penggunaan Make Dan Do Dalam Bahasa Inggris

“This room isn’t big enough for all of us.”

Kalau kamu sudah bisa langsung menentukan mana contoh penggunaan kata Enough yang tepat dari dua kalimat di atas, berarti kamu sudah jago nih. Tapi kalau belum dan masih bingung, yuk baca sebentar penjelasan singkat tentang arti kata Enough dan cara penggunaannya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Enough Is Enough

Arti Kata Enough Dan Berbagai Macam Pola Penggunaannya

Pengertian Enough

Seperti yang telah disebutkan di atas, arti kata “Enough” adalah “Cukup”, makna dari kata “cukup” disini adalah suatu kondisi bahwa sesuatu itu “memenuhi batas jumlah yang dibutuhkan”. Misalnya saja, kita membutuhkan 12 butir telur untuk membuat kue, dan kebetulan kita memiliki 12 butir telur di kulkas, nah maka dalam kondisi ini, jumlah telur yang kita miliki “cukup” atau dalam bahasa gaulnya “pas” untuk membuat kue tersebut hehe.

Sekarang, setelah kamu mengetahui pengertian dari kata “Enough”, saatnya kita mempelajari cara penggunaan kata ini dalam kalimat. Berikut penjelasan singkatnya:

Berbagai Contoh Penggunaan Kata Enough Dalam Kalimat

Enough dan Adjective

Saat kita menggunakan kata “Enough” bersama dengan sebuah adjective (kata sifat) dalam kalimat, letakkanlah kata “Enough” setelah adjective tersebut. Beberapa contoh adjective bersama kata Enough misalnya: big enough, deep enough, good enough, long enough, tall enough dan sebagainya. Dari sini tentu sudah terjawab dong pertanyaan di awal artikel ini.

Contoh Kalimat: I think the hole is deep enough to plant the tree.

Enough dan Adverb

Saat kita menggunakan kata “Enough” bersama dengan sebuah adverb (kata keterangan) dalam kalimat, letakkanlah kata “Enough” setelah adverb tersebut. Beberapa contoh adverb dengan kata Enough misalnya: fast enough, hard enough, quickly enough, slowly enough dan sebagainya.

Contoh Kalimat: I didn’t punch hard enough to break the glass.

Enough dan Noun

Saat kita menggunakan kata “Enough” bersama dengan sebuah noun (kata benda) dalam kalimat, letakkanlah kata “Enough” sebelum noun tersebut. Beberapa contoh noun dengan kata Enough misalnya: enough bottle, enough time, enough money, enough people, enough water dan sebagainya.

Contoh Kalimat: I have enough bottle to keep the cooking oil.

Enough dan Verb

Saat kita menggunakan kata “Enough” bersama dengan sebuah verb (kata kerja) dalam kalimat, letakkanlah kata “Enough” setelah verb tersebut. Beberapa contoh verb dengan kata Enough misalnya: bring enough, drink enough, give enough, have enough, make enough dan sebagainya.

Contoh Kalimat: I am dizzy because I didn’t drink enough water this morning.

Enough of

Pola “enough of” hanya bisa kita gunakan bersama dengan sebuah article, my / your / his / her dan sebagai nya, serta this / that. Perhatikan contoh berikut ini!

Contoh Kalimat: I think  I’ve had enough of that.

Enough tanpa Noun

Kata “Enough” ternyata juga bisa digunakan tanpa noun (kata benda). Perhatikan contoh berikut ini!

Contoh Kalimat: Okey, that’s enough!

Bagaimana sobat? Penjelasan yang kami sajikan mudah untuk dipahami kan? Kalau begitu mulai sekarang yang perlu sobat lakukan adalah berlatih menggunakan kata “Enough” ini dalam percakapan sehari hari mu. Oh ya hampir lupa, bagaimana dengan expression “enough is enough” tadi ya, apa kira kira artinya? Dari sumber yang kami baca, ternyata ucapan “enough is enough” ini merupakan ucapan yang dilontarkan saat si pembicara merasa bahwa sesuatu itu benar benar membuat frustasi dan benar benar hal itu berakhir, jadi ibaratnya kalau dalam Bahasa Indonesia seperti mengatakan “sudah! Sudah cukup! Saya tidak mau dengar lagi!” begitulahkira kira sobat penjelasannya.

Oke deh sobat, segitu saja yang bisa kami sampaikan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, jangan lupa kunjungi website kami lagi besok, dan jika sobat masih ada sedikit waktu luang, coba deh baca artikel terbaru kami yang berjudul Ergative Verb Dalam Bahasa Inggris dan Contoh Penggunaannya. Sampai ketemu lagi ya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Enough (Adverb of Degree) – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-enough – Diakses tanggal 24 Juli 2017
  2. How To Use ‘Enough’ – https://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/how-use-enough-0 – Diakses tanggal 24 Juli 2017
  3. How to use ‘Enough’? – https://www.myenglishteacher.eu/question/how-to-use-enough/ – Diakses tanggal 24 Juli 2017
  4. Common Errors In English: Enough + Adjectives / Verbs / Nouns – https://www.espressoenglish.net/common-errors-in-english-enough-adjectives-verbs-nouns/ – Diakses tanggal 24 Juli 2017
  5. Enough is Enough – http://idioms.thefreedictionary.com/enough+is+enough – Diakses tanggal 24 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *