Apakah Ada Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Agar Mahir?


Seru banget nih kalau membahas cara cepat belajar Bahasa Inggris, sampai sekarang pun masih banyak banget orang yang ingin bias berbahasa Inggris dengan lancer dan sangat tertarik dengan cara cepat menguasai Bahasa Inggris secara otodidak maupun belajar dengan palatih atau guru. Ini juga yang menyebabkan banyak sekali lembaga kursus Bahasa Inggris baru bermunculan dan membawa moto metode tercepat belajar Bahasa Inggris, atau juga jago Bahasa Inggris dalam 3 bulan, dan bahkan sampai ada yang berani berpromosi dengan embel embel jago Bahasa Inggris dalam hitungan jam dan menit. Woow, super sekali pak Mario.

Namun yang jadi pertanyaan saat ini adalah, apakah ada cara cepat belajar Bahasa Inggris agar kita mahir menggunakannya baik dalam bentuk percapkapan maupun untuk bekal menghadapi berbagai test ? Nah, bagaimana menurut mu? Apa kamu setuju bahwa memang ada cara cepat dalam belajar Bahasa Inggris? Atau semua itu hanya sekedar promosi? Ayo kita cari tau bersama. – Bigbanktheories.com

Tips Belajar Bahasa Inggris

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Cara Cepat Dalam Belajar Bahasa Inggris, Benarkah?

Bagi sesama pembelajar Bahasa Inggris, pastinya kita sudah sering menemui iklan atau promosi suatu lembaga ataupun juga artikel di internet yang menyatakan mereka memiliki cara yang cepat dan mudah dalam belajar Bahasa Inggris. Berbagai macam slogan dan bahasa iklan menarik yang digunakan misalnya saja, metode 100 menit pasti bisa conversation Bahasa Inggris, latihan intensive TOEFL 1 bulan skor pasti diatas 550, kursus Bahasa Inggris singkat 3 bulan bias ngomong Inggris. Apakah semua promosi diatas benar? Adakah yang benar benar membuktikan bahwa menguasai Bahasa Inggris itu bisa dilakukan dalam hitungan menit? Jawabannya ya, kita tidak tau hehe. Kita juga tidak bisa mengklaim bahwa bahasa promosi itu hanya bohong belaka. Tapi, izinkan saya berbagi pengalaman pribadi saya yang mungkin akan memberikan pelajaran bagi kita bersama.

Related: Berbagai Respon Untuk Ucapan Thank You Dalam Bahasa Inggris

Saya pernah mengikuti sebuah kursus Bahasa Inggris yang dalam promosi nya mengklaim bahwa murid yang belajar disana akan bisa berbahasa Inggris dengan baik hanya dalam waktu belajar 24 jam saja. Menarik sekali kan promosi nya, pastinya sobat juga mau dong hanya dalam 24 jam atau satu hari langsung bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancer, terasa seperti mimpi dan waktu bangun sudah langsung bisa hehe. Ternata promosi ini bukan berarti kita belajar satu hari saja disana dan langsung bisa, namun 1 kali pertemuan belajar, durasi nya 1 Jam, jadi aka nada 24 pertemuan. Sedangkan satu minggu waktu belajarnya adalah 2 kali pertemuan. Jadi pelatihan kursus ini akan diselesaikan dalam waktu 12 Minggu atau 3 Bulan. Nah, jadi lebih masuk akal kan jika penjelasannya seperti ini.

Lalu apakah benar dengan masa pelatihan 3 bulan dan 12 jam pertemuan itu kita dijamin pasti bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Nah disini lah rahasianya sobat, dan ini tidak bisa saya bagikan, kan rahasia hehe. Bercanda aja kok, kali ini saya akan bagikan semua cerita berdasarkan pengalaman saya.

Dalam mengikuti pelatihan tersebut, saya dibekali dengan buku panduan dan juga buku penghubung dengan orang tua. Pada setiap pertemuan dikelas, guru saya akan menjelaskan materi dari buku panduan, dan mengajak saya dan teman dikelas untuk berlatih berbicara dengan menggunakan pola kalimat yang dipelajari hari itu. Diakhir pertemuan, guru kami akan selalu mengingatkan bahwa kami harus melakukan latihan lagi dengan pola kalimat yang tadi dipelajari di rumah. Dan latihan dirumah ini harus diawasi oleh anggota keluarga atau orang tua dan harus dicatat dan dilaporkan melalui buku penghubung orang tua. Dimana latihan dirumah ini harus dilakukan setiap hari sesering mungkin dengan minimal 12 kali dalam satu hari dengan durasi perlatihan selama 30 menit. Jadi total latihan setiap hari dengan pola kalimat yang sama adalah 6 jam. Bagaimana? Wajar kan kalau kita bisa berbahasa Inggris dengan lancer pada akhir pelatihan.

Itu ceritaku, mana ceritamu? Hehe. Oke deh, itu tadi adalah ilustrasi yang bisa memberi gambaran bagi kita semua soal promosi belajar Bahasa Inggris dengan cepat. Tapi saya tau bukan ini yang teman – teman cari. Kamu pasti bertanya Tanya, jadi sebenarnya ada nggak sih tips dalam belajar Bahasa Inggris supaya kita bisa menguasainya dengan cepat. Untuk itu, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Lakukan Tips Ini Untuk Menguasai Bahasa Inggris Dengan Cepat

Beberapa tips dibawah ini adalah berdasarkan pengalaman saya dalam belajar Bahasa Inggris mulai dari belajar secara otodidak sampai mencoba beberapa kursus Bahasa Inggris. Saya rangkum jadi satu dan mudah mudahan bermanfaat bagi pembaca semua yang sedang ingin belajar Bahasa Inggris.

Membaca Dan Mendengar

Untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancer kita membutuhkan banyak input atau masukan. Dengan memperbanyak membaca dan mendengar bacaan atau percakapan dalam Bahasa Inggris akan sangat membantu kita dalam meningkatkan penguasaan kosakata atau vocabulary. Disaat yang sama, dengan banyak membaca dan mendengar, secara perlahan dan alami ingatan kita akan merekam pola pola kalimat Bahasa Inggris yang benar, sehingga kita juga akan mampu memproduksi kalimat Bahasa Inggris dengan pola yang tepat nantinya.

Ingat, jika kita memang masih di tahap awal belajar Bahasa Inggris, cobalah untuk mengumpulkan dan membaca bahan bacaan bilingual atau dua bahasa. Misalnya saja cerita anak yang ditampilkan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ditahap awal ini, jangan memaksakan diri untuk menghapal, nikmati saja cerita yang sedang kita baca.

Menebak

Menebak? Apa hubungannya menebak dengan Bahasa Inggris? Ini juga merupakan pengalaman pribadi saya, di awal belajar Bahasa Inggris, begitu banyak kosakata yang saya masih tidak tau artinya. Dan yang saya lakukan waktu itu adalah menebak arti kata kata yang saya tidak tau tersebut. Benar atau tidaknya tebakan kita itu bukan masalah, yang penting di dalam otak kita, kita sudah memiliki konsep dulu tentang arti kata tersebut.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menebak arti kata baru yang belum pernah kita temui sebelumnya? Caranya mudah saja sobat, perhatikan saja kalimat dimana kata tersebut berada. Dalam kalimat tersebut pasti ada beberapa kata yang sudah kita ketahui sebelumnya, coba lihat hubungan antara kata satu dengan kata lainnya kemudian tebaklah arti kata tersebut. Jika belum juga bisa, coba perhatikan konteks apa yang sedang dibicarakan dalam teks yang sedang kita baca.

Menghapal Dan Menceritakan Kembali

Setelah kita sering membaca, mendengar dan menebak kosakata baru dalam Bahasa Inggris, ini saatnya kita masuk ke tahapan yang sedikit lebih menantang. Cobalah hapalkan cerita cerita pendek kemudian cobalah menceritakan ulang cerita tersebut. Selain melatih memori kita akan kosakata Bahasa Inggris, hal ini juga akan melatih mulut dan lidah kita dalam pengucapan vocabulary Bahasa Inggris.

Saat kita mulai mencoba menghapalkan teks Bahasa Inggris, jangan langsung memaksakan untuk menghafal teks yang panjang atau sebuah cerita utuh, cobalah mengawalinya dengan menghapalkan satu paragraph terlebih dahulu. Jika kamu sudah berhasil menceritakan kembali satu paragraph tersebut, baru lah lanjutkan ke paragraph lainnya.

Pengulangan Adalah Kuncinya

Itulah tadi langkah langkah mudah yang mungkin selama ini terlewatkan oleh kita. Cobalah lakukan tips diatas berulang ulang setiap hari. Jika kamu memang sibuk, tidak perlu memaksakan menyiapkan waktu berlatih yang terlalu lama. Cukup beberapa menit saja dalam satu hari, yang penting adalah sering, karena pengulangan adalah kuncinya.

Sampai disini dulu artikel tentang Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Agar Mahir ini. Semoga artikel ini bisa memberikan pelajaran bagi kita semua, dan semoga dengan menerapkan tips diatas, sobat bisa dengan cepat menguasai Bahasa Inggris. Terimakasih kunjungannya kali ini dan sampai jumpa di artikel lainnya. Oh ya, jika kamu punya tips tambahan tentang cara cepat menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *