Apa Yang Dimaksud Dengan Objective Case Dalam Grammar?


Halo sobat, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang salah satu jenis case dalam grammar Bahasa Inggris yaitu Objective Case. Kami yakin pastinya sobat sudah pernah membaca artikel tentang bentuk case yang lainnya yaitu possessive case dan juga subjective case. Untuk semakin melengkapi pengetahuan kita tentang berbagai macam case dalam grammar, ayo kita pelajari bersama pengertian dan juga contoh penggunaan objective case dalam kalimat melalui materi di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Objective Pronoun

Objective Case Dalam Grammar Bahasa Inggris

Pengertian Objective Case

Objective case adalah bentuk dari noun atau pronoun saat digunakan sebagai object dalam sebuah kalimat. Adapun yang dimaksud dengan object disini bisa berupa direct dan indirect object dari sebuah verb ataupun object of preposition. Objective case ini sering juga disebut dengan istilah accusative case.

Di dalam Bahasa Inggris, objective case ini hanya menyebabkan perubahan secara signifikan pada personal pronoun. Mengapa dikatakan begitu? Karena hanya personal pronoun lah yang mengalami perubahan bentuk yang benar benar bisa kita lihat. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat daftar pronoun berikut ini agar kita bisa mengamati perubahannya saat dijadikan objective case.

Related: Penjelasan Lengkap Yes – No Question (Closed Question)

Personal Pronoun Dalam Subjective Case: I, You, He, She, It, We, They

Personal Pronoun Dalam Objective Case: Me, You, Him, Her, It, Us, Them

Bagaimana sobat? Sudah kamu amati kan, nah tentunya kamu sekarang semakin mengerti tentang pengertian dan bentuk objective case. Sekarang saatnya kita mengamati beberapa contoh penggunaan objective case dalam kalimat.

Berbagai Contoh Penggunaan Objective Case Dalam Kalimat

Banyak sekali contoh penggunaan objective case dalam kalimat yang bisa temukan atau ciptakan, namun pada umumnya contoh contoh tersebut bisa kita kategorikan seperti di bawah ini.

Objective Case dan Direct Objects

Apa itu direct objects? Yang dimaksud dengan direct object (objek langsung) adalah objek yang dikenai tindakan (verb) secara langsung oleh subject. Direct object ini bisa berupa noun ataupun pronoun, jika bentuknya adalah personal pronoun, maka ingatlah bahwa bentuknya harus diubah ke dalam bentuk objective case nya.

Contoh Objective Case Pronoun Sebagai Direct Object: Shania loves me.

Objective Case dan Indirect Objects

Apa itu indirect objects? Yang dimaksud dengan indirect object (objek tak langsung) adalah noun (kata benda) yang menerima direct object. Dalam artian seperti ini: Subject melakukan aksi (verb) terhadap direct object dan indirect object menjadi penerima direct object tersebut.

Contoh Objective Case Pronoun Sebagai Indirect Object: Ramon gave her a flower.

Objective Case dan Object of Preposition

Apa itu object of preposition? Yang dimaksud dengan object of preposition adalah noun atau pronoun yang berpasangan dengan sebuah preposition untuk membentuk sebuah prepositional phrase. Sebuah prepositional phrase diawali dengan sebuah preposition dan diakhiri dengan sebuah noun. Jika kita ingin tau, manakah yang merupakan object of preposition, caranya adalah dengan menemukan preposition nya,kemudian perhatikan noun (termasuk noun clause dan noun phrase) yang muncul setelahnya, nah itulah yang merupakan object of preposition.

Contoh Objective Case Pronoun Sebagai Object of Preposition: Petra sang with her.

Objective Case Dalam Bentuk Compound Object

Terkadang object tidak hanya terdiri dari satu noun atau pronoun saja, namun bisa juga merupakan penggabungan keduanya yang dihubungkan dengan menggunakan coordinate conjunction “and”, hal ini sering disebut juga dengan compound object. Meskipun terdiri dari beberapa noun dan pronoun, namun peraturan perubahan kedalam bentuk objective case bagi pronoun masih berlaku.

Contoh Objective Case Compound Object Sebagai Direct Object: Yoannita will invite you and me to the party.

Perhatikan contoh kalimat di atas sobat, ternyata bentuk yang benar untuk menempati objective case adalah “you and me” dan bukan “you and I”, tentu saja hal ini karena seperti yang sudah kami sebutkan bahwa aturan perubahan pronoun masih tetap berlaku meskipun objek kalimat berbentuk compound object. Kalau kamu masih penasaran, kamu bisa mempelajari lebih jauh tentang perbedaan you and I dan you and me, dalam artikel yang sudah kami sediakan.

Itulah tadi sobat penjelasan singkat yang bisa kami berikan seputar materi objective case dalam grammar Bahasa Inggris. Mudah mudahan bermanfaat. Sebagai penutup, yuk kita simak sebentar apa kesimpulan dari materi yang kita pelajari hari ini.

Kesimpulan tentang objective case:

1.Objective case merujuk pada noun dan pronoun yang menjadi object dalam kalimat.

2.Object disini bisa berbentuk direct object, indirect object dan juga object of preposition.

3.Dalam Bahasa Inggris, personal pronoun akan mengalami perubahan ketika dijadikan kedalam bentuk objective case.

Terimakasih sudah berkunjung ke bigbanktheories.com hari ini, semoga materi materi yang kami tampilkan bisa dimengerti dengan mudah. Kami minta maaf jika dalam penjelasan kali ini terdapat kesalahan, dan semoga bisa dimaklumi. Sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. What is The Objective Case? Definition, Examples Of The Objective Pronoun Case – http://writingexplained.org/grammar-dictionary/objective-case – Diakses tanggal 21 Januari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Objective Case (Pronoun) – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-objective-case-pronoun – Diakses tanggal 21 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *