Apa Sih Perbedaan Antara Difficult Dan Hard ?


Kita tau kalau beberapa kata baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris memiliki sinonim dan juga antonym. Namun apakah setiap kata yang merupakan sinonim bisa selalu saling menggantikan ? Ataukah sebenarnya meski ada dua kata yang memiliki kemiripan makna tapi masing masing memiliki tempat yang tepat dalam hal penggunaannya ? Misalnya saja kamu ingin membuat sebuah kalimat “kehidupannya sangat keras” kata apa yang kamu gunakan sebagai terjemahan kata “keras” dalam kalimat tersebut ? Apakah difficult ? ataukah hard ? karena dalam penggunaannya sehari hari kedua kata ini merupakan salah satu sinonim yang sangat umum. Jadi apakah perbedaan antara kata difficult dan hard ? Ayo kita cari tau dalam penjelasan berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Difficult Dan Hard

Perbedaan Antara Difficult Dan Hard

Perbedaan Antara Kata Difficult Dan Hard

Sobat, sebenarnya tidaklah terlalu sulit bagi kita untuk mengingat apa bedanya kata hard dan juga difficult ini. Mengapa begitu ? Oke, cara pertama yang paling mudah adalah dengan mengartikannya langsung di kamus. Jika kita artikan menggunakan kamus, maka kata Hard artinya adalah “Keras / Sukar / Susah” maksudnya disini adalah sesuatu yang memiliki tekstur padat dan bersifat keras seperti batu, kayu, dinding, besi dan sebagainya . Sedangkan kata Difficult artinya adalah “Sukar / Sulit / Payah”, kata ini mengarah kepada tingkat kesulitan atau sesuatu yang bersifat tidak mudah. Dari sini sebenarnya sudah bisa terlihat perbedaannya ya, tapi memang dikarenakan penerjemahan ke dalam Bahasa Indonesia kadang kedua kata ini jadi samar perbedaannya.

Tapi ternyata perbedaan antara kata difficult dan hard ini tidak hanya samar bagi kita lho sobat. Bagi native speaker Bahasa Inggris pun kedua kata ini tidak jelas perbedaannya karena umumnya digunakan secara bergantian dengan sangat bebas. Misalnya saja kamu tentunya pernah melihat dalam sebuah video game, ada tingkatan kesulitan yang bisa kita pilih. Terkadang levelnya terdiri dari : easymediumhard, namun terkadang juga kita menemukan tingkatan levelnya seperti berikut ini : easymediumdifficult. Ini sangat lumrah dan ternyata sah sah saja bukan ?

Related: 25 Contoh Soal Vocabulary Test Pilihan Ganda Dan Jawabannya

Inilah yang menyebabkan keduanya manjadi sinonim. Sebagian orang di forum Bahasa Inggris beranggapan bahwa hal ini dikarenakan memang kata hard dan juga difficult telah digunakan sebagai sinonim sejak lama. Bahkan ada juga yang berpendapat kalau native speaker lebih cenderung menggunakan kata “hard” saja dikarenakan lebih pendek dan cepat pengucapannya.

Cara kedua dan juga termasuk cara yang sangat mudah adalah dengan mengingat lawan kata atau antonym dari kedua kata tersebut. Lawan kata dari “hard” adalah “soft”. Sedangkan lawan kata dari “difficult” adalah “easy”. Nah, bagaimana ? sekarang semakin jelas bukan perbedaan antara keduanya ? Oke, kalau begitu kamu tentu tau sekarang apa bentuk terjemahan dari kalimat di atas “kehidupannya sangat keras”. Ya tentunya terjemahan untuk kalimat tersebut adalah “His life is very difficult”. Karena yang dimaksud dengan kata “Keras” dalam kalimat tersebut adalah “kesulitan” hidup, yang mungkin berupa kekurangan financial, atau begitu banyaknya cobaan dalam hidup orang tersebut.

Nah, begitulah tadi sobat ulasan tentang perbedaan antara difficult dan hard dalam Bahasa Inggris. Jadi kesimpulannya kedua kata tersebut bisa kamu gunakan secara bergantian walaupun memiliki makna yang agak berbeda. Tapi tetap ya sobat, untuk beberapa kasus tertentu kedua kata ini tidak bisa diganti dengan kata lainnya. Misalnya saja saat kita mau mengatakan “casing handphone saya sangat keras” tentunya kamu tidak bisa menggunakan kata “difficult” pada saat seperti ini bukan, hehehe.

Kami akhiri dulu sampai disini ya sobat, terimakasih telah menyempatkan waktu membaca artikel singkat kami ini. Mudah mudahan yang kami bagikan dalam artikel kali ini bisa menambah pengetahuanmu seputar Bahasa Inggris. Sampai jumpa dalam artikel lainnya.

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *