Apa Itu Short Passive Dalam Grammar Bahasa Inggris ?


Sebelumnya kita sudah pernah membahas materi passive voice (kalimat pasif) ya sobat. Masih inget nggak nih penjelasannya ? Mudah mudahan masih inget ya. Karena dalam artikel kali ini kita akan mempelajari materi yang masih berhubungan dengan passive voice, yaitu tentang short passive. Wah, apa ya pengertian short passive itu ? Bagaimana ya kira kira contohnya ? Dan apa bedanya dengan passive voice ? Nah, melalui artikel kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan semua nya satu persatu.

Oh ya sobat, kalau kamu belum sempat membaca artikel kami tentang passive voice, silahkan baca terlebih dulu ya, supaya kamu tidak bingung saat membaca penjelasan kami tentang short passive berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Short Passive

Pengertian Short Passive

Pengertian Short Passive

Dalam aturan grammar Bahasa Inggris, short passive adalah bentuk kalimat passive voice dimana agent atau subject kalimat tersebut tidak disebutkan. Kalimat dengan bentuk short passive yang umumnya dikenal juga dengan sebutan “agentless passive” ini merupakan jenis yang paling umum dari bentuk kalimat passive.

Related: Sentence Types Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya

Alasan mengapa subject atau agent kalimat tidak disebutkan dalam bentuk short passive diantaranya adalah : identitasnya tidak diketahui, tidak penting untuk disebutkan, atau bisa juga dengan tujuan untuk menghindari tanggung jawab (misalnya dalam pemberitaan kebijakan pemerintah).

Berikut ini kita akan memperhatikan beberapa contoh kalimat short passive. Dan agar proses pembentukan atau perubahan kalimat menjadi bentuk short passive nya bisa kita amati dengan jelas, maka kami juga akan menampilkan bentuk Active Voice (kalimat aktif) nya. Selamat membaca.

Contoh Penggunaan Short Passive

Active Voice : Someone took his notebook.

Short Passive : His notebook was taken.

Active Voice : The doctor is examining my son.

Short Passive : My son is being examined now.

Active Voice : The minister of education will raise the minimum score standard for national exam next year.

Short Passive : The minimum score standard for national exam will be raised next year.

Nah itulah tadi sobat beberapa contoh kalimat short passive. Berdasarkan contoh diatas, mungkin kamu menyadari bahwa ada pola tersendiri dalam perubahan dari Active Voice menjadi Short Passive. Jika kita tuliskan menjadi sebuah rumus, maka berikut ini adalah rumus short passive :

Active Voice : Subject / Agent + Verb + Object

Short Passive : Subject (Receiver of an action / verb) + Auxiliary Verb + Past Participle

Nah, rumus dan contoh kalimat short passive ini adalah sebagai penutup dalam artikel kita kali ini. Semoga penjelasan yang kami berikan bisa dimengerti dengan mudah. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penjelasan materi yang kami berikan. Komentar membangun dari sobat pembaca semua akan sangat bermakna bagi kami.

Referensi :

  1. Short Passive (Grammar) – http://grammar.about.com/od/rs/g/Short-Passive-term.htm – Diakses tanggal 11 November 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Kalimat Short Passive – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-short-agentless-passive – Diakses tanggal 11 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *