Apa Itu Proper Adjective Dalam Bahasa Inggris?


Sangat wajar jika ada kebingungan mengenai perbedaan antara proper adjective dengan proper noun terutama bagi pembelajar Bahasa Inggris di Indonesia. Karena memang di sekolah pun kita tidak mendapat penjelasan tentang hal ini secara khusus. Meskipun begitu, sebenarnya kosakata yang termasuk dalam proper adjective ini sudah sangat dekat lho dengan kita, bahkan kami yakin bagi pelajar yang sudah duduk di bangku SMA pasti sudah pernah menggunakannya dalam kalimat.

Penasaran kan seperti apa proper adjective itu, ikuti penjelasan kami dalam artikel berikut ini ya. – Bigbanktheories.com

Pengertian Proper Adjective

Definisi Dan Contoh Proper Adjectives

Definisi Proper Adjective

Sobat masih ingat apa itu proper noun? Ya tepat sekali,itu adalah istilah yang kita gunakan untuk noun (kata benda) yang digunakan untuk benda benda yang bersifat spesifik atau khusus, misalnya saja seperti benda khusus, nama tempat, dan juga nama orang. Mari kita perhatikan contoh berikut ini:

Related: Penjelasan Tentang Parallel Structure Dalam Grammar

Common Noun : Country (Negara)

Proper Noun : Australia

Nah, jika kamu sudah bisa mengikuti penjelasan kami sampai disini, berartiakan mudah bagimu untuk memahami apa itu proper adjective. Karena proper noun adalah asal dari proper adjective, atau bisa kita bilang bahwa proper adjective merupakan turunan dari proper noun. Seperti apa contohnya? Jika proper noun nya adalah “Australia”, maka proper adjective nya adalah “Australian”. Bagaimana? Mudah dimengerti kan.

Lalu apa fungsi dari penggunaan proper adjective dalam kalimat?

Penggunaan proper adjective ini dalam kalimat jadi penting sobat karena kemampuannya untuk membuat kalimat jadi lebih ringkas. Coba kita pelajari pelan pelan, Jika kita terjemahkan dengan menggunakan kamus, kata “Australia” yang merupakan proper noun artinya adalah “Australi” atau “negara Australi”. Sedangkan kata “Australian” yang merupakan proper adjective artinya adalah “Orang Australi” atau “Sesuatu yang berhubungan dengan Australi”. Nah sudah terbayangkan mengapa sebuah proper adjective dikatakan bisa meringkas kalimat. Ya, tentu saja karena sama halnya dengan adjective lain yang menjelaskan noun, proper adjective ini juga digunakan secara langsung untuk mendeskripsikan sesuatu. Supaya pemahamanmu makin mantap, ayo perhatikan contoh berikut ini.

The government in Australia prohibited foreigner to work in their country.

Australian government prohibited foreigner to work in their country. (Proper adjective)

Oh ya sobat, perlu kita ingat bahwa dalam penulisannya proper adjective ini juga diawali dengan huruf kapital.

Cara Membentuk Sebuah Proper Adjective

Pada umumnya kita bisa merubah proper noun menjadi proper adjective yaitu dengan menambahkan suffix (akhiran) berikut ini: -ian, -an, -ese, -ish. Tapi ada juga beberapa proper adjective yang terbentuk tidak dengan menggunakan suffix diatas, jadi tetap sering seringlah mengecek di kamusmu ya.

Contoh Proper Adjectives

Mexican Taco is the best item on the menu.

Arabian kebab is very tasty.

The Javanese quotes are good to be life lesson.

The Indonesian gamelan sounded loud in the opening ceremony.

The Canadian singer died yesterday.

Oke deh sobat, sampai disini dulu materi yang bisa kami sampaikan seputar proper adjective dan penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris. Setelah membaca artikel ini sobat tentunya akan menyadari bahwa kata kata seperti American, Indonesian,Chinese, Javanese merupakan proper adjective. Dan perlu di ingat juga bahwa ada beberapa proper adjective yang tidak mengikuti pola tersebut misalnya saja kata “Greek” yang merupakan bentuk proper adjective dari “Greece”, dan juga “French” yang berasal dari kata “France”. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat ya sobat, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. What Is A Proper Adjective? – http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/adjectives/what-is-a-proper-adjective.html – Diakses tanggal 6 Desember 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Kalimat Proper Adjective – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-proper-adjectives – Diakses tanggal 6 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *