Antara Worth Dan Worthwhile Dimanakah Perbedaannya ?


Kita perlu tau kalau worth dan worthwhile keduanya merupakan adjectives atau kata sifat. Meski terkadang bisa dipakai bergantian namun ada perbedaan antara kata worth dan worthwhile ini. Apa sajakah perbedaan antara keduanya ? dan apa sebenarnya pengertian worth dan juga worthwhile jika dipakai dalam kalimat ? dan juga bagaimana cara penggunaan kedua kata ini yang tepat agar makna yang ingin disampaikan dapat dimengerti dengan baik ? Ikuti penjelasan kami berikut ini yaa. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Worth Dan Worthwhile

Perbedaan Worth Dan Worthwhile

Penjelasan Worth Dan Worthwhile Terlengkap

Worth

Kata worth digunakan setelah verb seperti to be, seem, look (sebagai predicative adjective). Dalam Bahasa Inggris worth artinya “having a particular value (especially in money)” jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia kata worth ini artinya “memiliki nilai tertentu (khusunya diukur dengan uang). Jika kita cek terjemahan kata worth di dalam kamus, maka kita juga akan menemukan arti worth saat berfungsi sebagai noun, yaitu harga. Sedangkan sebagai kata sifat terjemahan worth dalam kamus adalah bernilai, berharga, bermanfaat, seimbang. Worth bisa diikuti dengan noun phrase yang menjelaskan nilai sesuatu. Perhatikan contoh berikut ini :

Related: Contoh Kalimat Kombinasi Noun Dengan Preposition

Mukidi : I wonder how much the car is worth ?

Mukiyo : About seven hundred million rupiah, I think.

Seperti contoh diatas, kata “what” dan “how much” bisa kita tambahkan kedalam kalimat saat menanyakan nilai uang dari suatu benda. Berikut tambahan contohnya :

What is the computer worth ? / How much is the computer worth ?

Saat kita membahas tentang nilai dari suatu aktifitas atau kegiatan, umumnya kita akan menambahkan atau menggunakan bentuk –ing bersama dengan worth. Dan karena yang dibicarakan berupa ide tentang suatu kegiatan, maka umumnya kita menggunakan “it” sebagai subject nya. Berikut inilah contohnya :

It was worth fixing the old bike.

It isn’t worth talking to your friend about your problem.

Sering kali kita mendengan orang mengucapkan kata “worth it” atau yang kadang terdengar di telinga kita sebagai bunyi “worthed”. Nah dalam Bahasa Inggris kata ini biasanya diucapkan untuk mengungkapkan bahwa sesuatu dinilai “pantas” dengan harga yang harus dikeluarkan. Misalkan saja seperti pada contoh berikut ini :

The cost for a plane ticket is more expensive than a bus ticket, but it is worth it for the best services we can get from it.

Nah sekarang ayoo kita simak penjelasan tentang worthwhile.

Worthwhile

Kita menempatkan worthwhile sebelum noun (sebagai attributive adjective), atau setelah verb (sebagai predicative adjective). Arti worthwhile adalah berguna (useful), penting (important), atau sesuai / pantas dengan uang, waktu dan usaha yang dilakukan. Kata worthwhile ini memiliki bentuk penulisan alternative yaitu dengan memisahnya menjadi dua kata yaitu worth while. Perhatikan contoh berikut ini :

Becoming a volunteer to help other people in difficult situation is truly worthwhile.

The building is a worthwhile investment.

Bagaimana nih sobat ? sekarang sudah tau kan beda worth dan worthwhile ? seperti yang sudah di jelaskan dan di contohkan dalam kalimat di atas, beda worth dan worthwhile terletak pada kemungkinan worthwhile untuk di fungsikan sebagai attributive adjective dan diletakkan sebelum noun. Berikut ini kami tampilkan lebih banyak lagi contoh kalimat menggunakan worth dan juga worthwhile.

Contoh Kalimat Menggunakan Worth Dan Worthwhile

It takes hours to finish this cake, but it is worth it.

How much is this watch worth ?

It is absolutely worth sleeping late tonight to see the fireworks.

Do you think working as salesman is a worthwhile career for a college graduated person ?

Is it worthwhile visiting USA ?

It is always worth fighting for your freedom and independence.

Ada sedikit tambahan nih sobat, ada satu kata lagi yang perlu kamu kenali yaitu “worthless”. Nah worthless ini adalah kebalikan dari worth, dan arti worthless adalah tidak bernilai atau tidak berguna. Berikut ini contoh kalimat menggunakan worthless.

The surprise will be worthless if you give it tomorrow.

The concert last night was worthless.

Oke deh sobat, semoga dengan penjelasan dan contoh contoh di atas, kamu bisa memahami materi kali ini. Jangan lupa untuk mempraktikkan apa yang sudah pernah kamu pelajari disini, lumayan kan untuk melatih daya ingat kita. Terimakasih banyak ya kunjungannya hari ini, kami tunggu lagi kedatanganmu besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *